selamat datang di mwntoriq blog

Label

Sabtu, 07 April 2012

cara Mudah, Cepat Dan Efisien Defragmenting Hard Disk

cara Mudah, Cepat Dan Efisien Defragmenting Hard Disk

Posted by Arulmaster pada 6 April 2012
 
 
 
 
 
 
Rate This
Dalam bab-bab berikut, Anda akan mengetahui mengapa penting untuk melakukannya dan bagaimana Anda dapat menggunakan TuneUp Drive Defrag untuk defragment hard disk Anda.
Secara default atau dengan cara lama, proses defragmenting akan memakan waktu cukup lama dan Anda harus menunggui komputer sampai selesai prosesnya tanpa bisa memakai komputer Anda. Tapi dengan TuneUp Drive Defrag, semua itu tidak perlu lagi terjadi. Anda tetap bisa menggunakan komputer seperti biasa dan proses defrag akan memakan waktu lebih singkat.
Bagi yang belum memiliki, Anda bisa men-download-nya pada artikel Download Gratis TuneUP Utilities 2012 Full Version Plus Serial Key. Atau jika Anda sudah memiliki TuneUp Utilities 2012 tapi masih vesi trial, lihat Download Gratis Keygen : Cara Mengubah TuneUp Utilities 2012 Trial Version Menjadi Full Version.

Pengenalan

Ada banyak alasan mengapa komputer dapat menjadi terasa lebih lambat dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah bertahap fragmentasi hard disk. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut:
File baru pertama disimpan sebagai blok ke satu disk kosong keras demi satu. Jika kemudian, misalnya, dihapus mengajukan di tengah, akan ada celah dalam hard disk. Windows menggunakan celah ini nantinya untuk menyimpan file selanjutnya yang Anda simpan pada hard disk. Jika kesenjangan ini tidak cukup besar, Windows kemudian membagi file dan menyimpan babak kedua di lokasi lain. Seiring waktu, kesenjangan semakin banyak dibuat dan file lebih dan lebih terfragmentasi menjadi potongan (fragmen), yaitu tingkat kenaikan fragmentasi.
Ini benar-benar memperlambat kinerja komputer Anda: Setiap kali Anda memanggil file, ini harus dibaca dari hard disk, yang tentunya lebih cepat terjadi jika file tersebut disimpan di satu tempat. Dalam istilah teknis: Jika fragmentasi tinggi, kepala hard disk membaca harus selalu disesuaikan agar mereka dapat memuat individu fragmen dari sebuah file.
Cara sederhana untuk mempercepat sistem anda karena itu untuk defragment hard disk. Sebagai defragmentasi konvensional sering memakan waktu lama, TuneUp Drive Defrag menawarkan Anda dua mode yang berbeda. Anda juga memutuskan sendiri bagaimana defragmentasi harus dilakukan, atau mengizinkan TuneUp Drive Defrag untuk membuat keputusan untuk Anda.
Cari tahu di bawah apa sebenarnya yang terjadi selama dua mode defragmentasi :

Thorough Defragmentation

Mode defragmentasi mengatur file yang baru diurutkan dengan cerdas: sistem file yang digunakan sering disimpan di awal hard disk, sehingga Windows dapat menemukan mereka lagi dalam waktu singkat.
Jelas bahwa modus defragmentasi ini akan memakan waktu lebih lama dari sekedar mengkonsolidasikan file. Namun jika dibandingkan dengan defrag secara default, cara ini lebih menghemat waktu. TuneUp Drive Defrag karena itu juga dilakukan dengan prioritas yang sangat rendah sehingga Anda dapat terus bekerja hampir tidak terganggu. Prosedur ini cukup mempercepat boot Windows. Program yang sering digunakan juga mulai lebih cepat. Ini terasa meningkatkan kinerja komputer.

Cepat Defragmentation

Mode defragmentasi mengkonsolidasikan semua file lagi sehingga mereka dapat dibaca terasa lebih cepat.
Keuntungan dari metode ini adalah kecepatan dengan yang dilakukan: Kinerja hard disk Anda meningkat dalam waktu singkat.

Cara Defragment Hard Disk

  1. Buka modul TuneUp Drive Defrag dengan cara klik  Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp Drive Defrag.
  2. Solid-state drive (SSD) akan terdeteksi oleh TuneUp Utilities. Mereka tidak dianalisis atau defragmented, karena tidak mungkin untuk mengoptimalkan solid-state drive melalui defragmentasi dan mereka bisa rusak oleh defragmentasi.
  3. Pilih hard disk  yangharus diperiksa untuk potensi optimasi.
  4. Pilih bagaimana defragmentasi harus dilakukan menurut analisis.
    Seperti TuneUp Drive Defrag menawarkan dua jenis defragmentasi , Anda harus menentukan apakah jenis defragmentasi harus bergantung pada analisis sebelum Anda memulai analisis.
    Dari empat pilihan, yang pertama yang dipilih terlebih dulu karena memberikan rekomendasi pribadi setelah analisis dan Anda dapat memutuskan sendiri bagaimana defragmentasi harus dilakukan. Untuk tiga pilihan lain , defragmentasi dimulai segera setelah analisis selesai. Namun, jika analisis menentukan bahwa tingkat defragmentasi sangat rendah, defragmentasi tidak akan dilakukan untuk tiga pilihan karena TuneUp Defrag Hard menganggap tidak perlu.
    • Wait for result and then decide
      Kami merekomendasikan opsi ini untuk Anda. Setelah analisis selesai, Anda memutuskan untuk setiap hard disk apakah Anda ingin menjalankan defragmentasi cepat atau menyeluruh. Anda juga dapat memutuskan di sini untuk pergi tanpa defragmentasi.
    • Automatically as recommended
      TuneUp Defrag Hard membuat keputusan untuk Anda dan defragments hard disk masing-masing segera setelah analisis selesai menggunakan mode cocok dengan tingkat fragmentasi.
    • Automatically thorough
      Anda mengoptimalkan kinerja hard disk Anda sampai ke detail terakhir, bahkan jika ini berlangsung sedikit lebih lama – tanpa dari hasil analisis.
    • Automatically fast
      Anda ingin menghemat waktu dan defragment hard disk khususnya dengan cepat, terlepas dari tingkat fragmentasi.
      Jika Anda telah memilih Wait for result and then decide , Anda akan melihat dialog di mana Anda dapat pilih bagaimana setiap hard disk harus defragmented. Untuk semua pilihan lain, Anda tidak perlu melakukan apapun lainnya, seperti defragmentasi akan berjalan secara otomatis setelah analisis.
  5. Pilih hard disk di daerah atas dan pilih mode defragmentasi.
    TuneUp Drive Defrag menentukan hubungan antara kecepatan dan manfaat yang bisa diperoleh dan menyediakan Anda dengan rekomendasi berdasarkan ini.
  6. Tentukan apakah komputer harus dimatikan setelah defragmentasi dengan mencentang Shut down once all operation are complete.
  7. Pastikan bahwa Anda telah memilih modus defragmentasi untuk setiap hard disk.
  8. Klik Next untuk memulai defragmentasi.
    Selama defragmentasi, Anda dapat memonitor setiap hard disk secara real time dan melihat bagaimana peta perubahan penggunaan. Anda juga dapat melihat progress bar dan menentukan kemajuan dan berapa lama sefragmentasi telah melaju.

Tip: NTFS Dibandingkan dengan FAT

Hard disk bisa menggunakan sistem file NTFS, sebagaimana dalam versi Windows saat ini sebagai preferensi, atau FAT  sistem lama seperti yang didukung oleh versi Windows pertama. Analisis drive sebelum defragmentasi secara substansial lebih cepat pada NTFS drive. Untuk sistem FAT, pengguna harus menunggu jauh lebih lama dan dapat mengambil kopi yang panas sambil
istirahat. Ini hanyalah salah satu dari beberapa alasan mengapa sistem FAT lama harus dikonversi ke sistem NTFS modern.
File NTFS sistem (NTFS = New Technology File System) adalah sistem file dari Windows NT dan penerusnya (Misalnya Windows 2000, Windows XP, Windows Vista) sampai ke Windows 7. Menawarkan cerdas merancang akses perlindungan ke tingkat file, memungkinkan manajemen yang fleksibel dari hak istimewa, menampung file yang ukuran di atas 4 GB, menawarkan koreksi kesalahan otomatis dari sistem file dan dapat memanfaatkan ruang penyimpanan standar ukuran hard disk saat ini dengan cara jauh lebih efisien.
Jika hard disk Anda masih menggunakan sistem berkas FAT, Anda dapat melakukan konversi sangat sederhana.
Perhatikan : Meskipun konversi dianggap sangat aman, Anda harus membuat cadangan data Anda untuk disimpan sebelum mencoba ini.
Klik ikon Start Windows untuk membuka All ProgramsAccessories > Command Prompt. Jika Anda memasukkan Convert.exe C :/ FS: NTFS pada command line, konversi akan dimulai.
Ganti C: dengan huruf drive lain untuk mengubah partisi yang berbeda. Jika partisi system berubah, komputer perlu restart. Dalam hal ini, ikuti petunjuk pada layar Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More